Cerita Traveling

Kemlu Imbau Turis Indonesia Pelajari Peraturan dan Kebiasaan Negara Tujuan Agar Tidak Bermasalah

Berita viral terkait turis yang diduga berasal dari Indonesai yang membuat kereta Shinkansen terlambat ditanggapi oleh Kementerian Luar Negeri

Penulis: Amanda Rizqyana
Editor: Amanda Rizqyana
Akun Facebook Kucing Putih
Turis Indonesia berfoto di depan kereta Shinkansen 
TRIBUNJATENGTRAVEL.COM-Berita yang viral di penghujung tahun 2019 ialah tentang turis yang diduga berasal dari Indonesia yang membuat kereta Shinkansen di Jepang terlambat hingga sepuluh menit.
Keterlambatan kereta diduga karena turis berada di garis kuning padahal kereta sudah hendak melaju.
Para turis tersebut sempat diperingatkan beberapa kali, namun mereka justru meminta waktu untuk melakukan foto dan swafoto.
Keterlambatan satu kereta tersebut berdampak sistemik karena kereta lainnya pun menjadi terlambat.

Informasi tersebut didapat dari unggahan akun Facebook bernama Kucing Putih yang hingga berita ini diturunkan telah dibagikan hingga 1.500 kali.

 

Terkait ramainya berita tersebut, Hernawan Baskoro Abid selaku Koordinator aplikas Safe Travel Kementerian Luar Negeri (Kemlu) mengatakan saat ini pihaknya tidak merespon kasus tersebut karena dari Kemenlu belum mendapatkan laporan dari Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo.

"Kalau merespon kasusnya tidak ada. Kemenlu belum dapat laporan dari KBRI Tokyo," ujarnya saat dihubungi Tribun Jateng Travel pada Rabu (1/1/2020) pagi. 

Meski demikian, Hernawan berpesan pada para turis Indonesia sebelum ke luar negeri untuk mempelajari terlebih dahulu peraturan dan kebiasaan setempat agar terhindar dari permasalahan.

Ia menambahkan, Kemlu telah membuat aplikasi bernama Safe Travel yang di dalamnya terdapat do's and don'ts dari semua negara di dunia.

"Ingat, bukan hanya tentang peraturan atau hukum tertulis, tapi penting juga menghargai kebiasaan setempat. Di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjing," pungkasnya.

Aplikasi Safe Travel dapat diunduh di App Store maupun Play Store.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved