Virus Corona

Kemlu Sampaikan Imbauan Terkait Penghentian Sementara Izin Masuk Pelaksanaan Umrah dan Wisata

Kemlu mengimbau terkait penghentian sementara izin masuk untuk pelaksanaan umrah dan atau ziarah ke Mesjid Nabawi dan wisata ke Arab Saudi.

Kemlu Sampaikan Imbauan Terkait Penghentian Sementara Izin Masuk Pelaksanaan Umrah dan Wisata
istimewa/Instagram @juwitanas
Ilustrasi ibadah umrah 

TRIBUNJATENGTRAVEL.COM-Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia (Kemlu) melalui aplikasi dan akun sosial media Safe Travel menyampaikan imbauan dalam rangka mencegah penyebaran dan pengendalian Coronairus Disease 2019 (Covid-19) atau virus corona.

Otoritas Kerajaan Arab Saudi pada tanggal 27 Februari 2020 mengeluarkan maklumat untuk menghentikan sementara izin masuk bagi Warga Negara asing yang hendak masuk ke Arab Saudi.

Moratorium tersebut ditujukan bagi pendatang, baik dalam rangka ibadah umrah dan ziarah Mesjid Nabawi, maupun untuk kunjungan wisata bagi pendatang dari negara terdampak virus corona.

Pemerintah Arab Saudi juga menghentikan lalu lintas keluar masuk wilayah Kerajaan Saudi menggunakan fasilitas ID card, baik warga negara Arab Saudi maupun warga negara dari negara-negara anggota Gulf Cooperation Council (GCC) seperti Oman, Kuwait, Qatar, Bahrain, Persatuan Emirat Arab.

Kebijakan ini berlaku mulai pada saat diumumkan.

Untuk itu, Kemlu mengimbau bagi para Warga Negara Indonesia (WNI) yang berencana pergi ke Arab Saudi agar mengatur kembali jadwal keberangkatan Anda dan senantiasa mengikuti perkembangan informasi.

Bagi WNI yang telah berada di Arab Saudi, Kemlu mengimbau untuk selalu menjaga kesehatan dan melakukan langkah pencegahan.

Pencegahan tersebut ialah selalu rutin mencuci tangan dengan air bersih dan sabun, menghindari sentuhan langsung dengan hewan (hidup atau mati), tidak mengunjungi pasar hewan, bagi yang sedang menderita gejala sesak napas untuk tetap berada di rumah, dan selalu menutup mulut dan hidungnya dengan masker apabila batuk atau bersin.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi @kbri_riyadh (+966569173990 dan +966569094526) dan @kjrijeddah (+966503609667) atau ikuti perkembangan informasi pada aplikasi Safe Travel.

Ikuti kami di
Penulis: Amanda Rizqyana
Editor: Amanda Rizqyana
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved