Acara Semarang

Adakan Charity Dinner untuk YKI, Coffee at Terra, Haven, dan Popoluca Rayakan Tahun Pertamanya

Rayakan hari jadinya yang pertama, Coffee at Terra, Haven, dan Popoluca adakan charity dinner berbiaya Rp 100 ribu, semua biaya didonasikan ke YKI.

Penulis: Amanda Rizqyana
Editor: Amanda Rizqyana
TRIBUNJATENGTRAVEL.COM/AMANDA RIZQYANA
Charity Dinner diadakan di Coffee at Terra Jalan Erlangga II Nomor 1 Pleburan, Semarang Selatan, Kota Semarang pada Rabu (4/3/2020) dalam rangka memperingati tahun pertama Terra, Haven, dan Popoluca. 

TRIBUNJATENGTRAVEL.COM-Rayakan Ulang Tahun Pertama, Terra, Haven, dan Popoluca adakan Charity Dinner atau makan malam amal di Coffee at Terra, Jalan Erlangga II Nomor 1, Pleburan, Semarang Selatan, Kota Semarang pada Rabu (4/3/2020) malam.

Acara tersebut dipandu oleh pemilik Haven dan Terra, dokter Fenita Renny Dinata. Dokter lulusan Universitas Pelita Harapan (UPH) Jakarta dan sekarang menjadi dosen Fakultas Kedokteran (FK) di sebuah universitas di Yogyakarta ini membuka charity dinner yang diikuti 20 orang.

Selain pemilik Haven dan Terra, pemilik Popoluca yakni Amelia Felicia dan Wijaya Gunawan juga hadir pada acara.

Menurut ketiganya, perayaan tahun pertama Haven, Terra, dan Popoluca diharapkan dapat memberikan hal positif untuk semua orang.

Hal positif tersebut ialah memberikan edukasi terkait kanker pada semua peserta. 

Selain itu, dana yang terkumpul dari biaya charity dinner didonasikan ke Yayasan Kanker Indonesia (YKI).

Adapun biaya acara makan malam amal sebesar Rp 100 ribu dan mendapatkan menu pembuka, minuman, menu utama, dan menu penutup.

"Tak hanya berdonasi dan bisa menikmati makan makam di Terra, semua peserta juga mendapatkan imbal balik utuh sebesar Rp 100 ribu dalam bentuk kupon diskon untuk berbelanja di Haven, Terra, dan Popoluca," terang Fenita.

Selain beramal dan menikmati makan malam, peserta juga mendapatkan kesempatan cek kesehatan dasar gratis.

Charity Dinner diadakan di Coffee at Terra Jalan Erlangga II Nomor 1 Pleburan, Semarang Selatan, Kota Semarang pada Rabu (4/3/2020) dalam rangka memperingati tahun pertama Terra, Haven, dan Popoluca.
Charity Dinner diadakan di Coffee at Terra Jalan Erlangga II Nomor 1 Pleburan, Semarang Selatan, Kota Semarang pada Rabu (4/3/2020) dalam rangka memperingati tahun pertama Terra, Haven, dan Popoluca. (TRIBUNJATENGTRAVEL.COM/AMANDA RIZQYANA)

Pada kesempatan yang sama, dr. Eko Adhi Pangarsa, Sp.PD., K-HOM., Dokter Spesialis Penyakit Dalam dan Konsultan Penyakit Darah dan Kanker dan Dokter dr Daniel Rizky Sp.PD. bertindak sebagai pemateri.

Dua dokter spesialis penyakit dalam yang sama-sama berpraktik di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) dr. Karyadi menyampaikan materinya terkait kanker dan YKI.

Dokter Eko menyampaikan bahwa prevalensi penderita kanker Jawa Tengah merupakan tertinggi ke dua di Indonesia, namun karena jumlah penduduknya yang banyak, sehingga jumlah penderitanya tertinggi di Indonesia.

"Untuk pencegahan penyakit kanker tentu saja dengan pola hidup sehat dan deteksi dini sebaik mungkin, baik melalui deteksi dini mandiri maupun melalui program dari pemerintah," ujarnya.

Dokter Eko menambahkan, pemeriksaan dini memang tidak menurunkan angka kejadian, namun bila kanker lebih dini disadari dan terdeteksi, bisa lebih cepat dan tepat dalam mendapatkan penanganan.

Selain itu, dengan deteksi dini kanker kemungkinan sembuh lebih besar bila lebih awal ditemukan.

Dokter Eko menyatakan, sejumlah pasien mengalami kanker hingga tingkat kronis karena terlambat menyadari maupun sudah menyadari adanya gejala dan tanda namun takut untuk ketahuan.

Adapula yang sudah mengetahui adanya kanker namun memilih alternatif.

Tindakan-tindakan tersebutlah yang akhirnya membuat kanker menjadi lebih parah bila penanganan tidak tepat

"Mitos di masyarakat ialah kalau orang sudah kena kanker, sudah dilabeli pasti mati. Padahal kanker stadium awal masih bisa disembuhkan," tambahnya.

Ia pun menambahkan, menurut perkiraan WHO, angka kejadian kanker akan banyak meningkat di Asia dan Amerika Latin sekitar tahun 2040.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved