Virus Corona

Pemberlakuan Pembatasan Pergerakan di Malaysia Mulai 18-31 Maret 2020, Ini yang Harus Diperhatikan

Pemerintah Malaysia berlakukan pembatasan pergerakan mulai 18-31 Maret 2020, termasuk larangan berpindah dan membuat pertemuan dalam skala besar.

Pemberlakuan Pembatasan Pergerakan di Malaysia Mulai 18-31 Maret 2020, Ini yang Harus Diperhatikan
istimewa
virus corona 

TRIBUNJATENGTRAVEL.COM-Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia (Kemlu) melalui aplikasi dan sosial media Safe Travel membagikan informasi terkait kebijakan Pemerintah Malaysia terkait dampak dari Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) atau virus corona bagi para Warga Negara Indonesia (WNI)

Berdasarkan Prevention and Control of Infectious Diseases Act 1988 dan the Police Act 1967, Otoritas Malaysia menetapkan pembatasan pergerakan mulai tanggal 18-31 Maret 2020, yakni: 

Larangan untuk berpindah dan membuat pertemuan dalam skala besar, termasuk kegiatan keagamaan, olahraga, sosial dan kebudayaan.

Untuk menegakkan ketentuan tersebut, seluruh rumah ibadah dan perkantoran akan ditutup kecuali supermarket, pasar, toko grosir, dan mini market yang menjual kebutuhan sehari-hari.

Bagi umat muslim, penundaan seluruh kegiatan di Masjid, termasuk Sholat Jumat sesuai dengan keputusan Special Mental Health Committee meeting pada 15 Maret 2020 yakni sanksi mencakup seluruh Warga Negara (WN) Malaysia yang pergi ke luar negeri.

Bagi WN Malaysia yang baru tiba, diminta untuk melakukan pemeriksaan kesehatan dan self quarantine selama 14 hari;

Larangan masuk untuk seluruh turis dan pengunjung;

Penutupan sekolah, institusi pendidikan tinggi, dan balai pelatihan kerja;

Penutupan kantor pemerintah dan swasta kecuali yang berhubungan dengan layanan yang penting (air, listrik, energi, pos, transportasi, irigasi, minyak, gas, bahan bakar, oli, keuangan, perbankan, kesehatan, farmasi, pemadam kebakaran, penjara, pelabuhan, bandara, keamanan, pertahanan, kebersihan, retail, dan bahan makanan).

Sehubungan dengan hal tersebut, Kemlu mengimbau WNI yang berencana untuk pergi ke Malaysia untuk menunda perjalanan.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Amanda Rizqyana
Editor: Amanda Rizqyana
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved