Virus Corona

Kebijakan Pembatasan Akses Masuk Melalui Bandara Schiphol Belanda Akibat Virus Corona

Pemerintah Belanda keluarkan kebijakan menutup akses masuk WN Non-Uni Eropa melalui Bandara Schiphol di Amsterdam mulai Kamis (19/3/2020) pukul 18.00.

Kebijakan Pembatasan Akses Masuk Melalui Bandara Schiphol Belanda Akibat Virus Corona
istimewa
virus corona 

TRIBUNJATENGTRAVEL.COM-Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia (Kemlu) membagikan informasi melalui akun sosial media, aplikasi, dan portal Safe Travel.

Informasi yang dibagikan untuk para Warga Negara Indonesia (WNI) tersebut terkait kebijakan Pemerintah Belanda dalam menghadapi persebaran Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) atau virus corona.

Sebagai tindak lanjut dari kebijakan larangan perjalanan untuk memasuki wilayah Uni Eropa bagi pendatang dari negara non Uni Eropa, Otoritas Belanda mengeluarkan kebijakan untuk menutup akses masuk Warga Negara (WN) Non-Uni Eropa melalui Bandara Schiphol di Amsterdam.

Larangan tersebut akan efektif berlaku mulai tanggal 19 Maret 2020 pukul 18.00 waktu setempat.

Penutupan akses masuk melalui bandara Schiphol dikecualikan bagi:

1. Seluruh Warga Negara Uni Eropa
2. Warga Negara Norwegia, Islandia, Swiss dan Lichtenstein dan anggota keluarganya
3.Warga Negara non Uni Eropa yang memiliki Izin Tinggal sesuai regulasi Uni Eropa 2003/109/EC atau pemegang long-term visa yang dikeluarkan oleh Otoritas Belanda (MVV).
4. Selain itu, larangan tersebut juga tidak berlaku bagi pendatang yang memiliki fungsi esensial seperti petugas kesehatan, diplomat, staf organisasi internasional, personel militer, penumpang yang transit menuju negara ketiga, penumpang dengan alasan keluarga yang sangat penting dan penumpang yang membutuhkan proteksi internasional dan alasan kemanusiaan lainnya.

Sehubungan dengan hal tersebut Kemlu mengimbau para WNI untuk menunda perjalanan ke luar negeri khususnya ke Belanda dan negara Uni Eropa lainnya.

Bagi para WNI yang sedang bepergian ke luar negeri khususnya di wilayah Uni Eropa kami mengimbau agar segera mengatur kepulangan ke Indonesia sebelum terdapat kebijakan pembatasan lebih lanjut.

Dalam keadaan darurat Anda dapat menghubungi hotline KBRI Den Haag di nomor +31628860509 atau menekan tombol darurat pada aplikasi Safe Travel.

Ikuti kami di
Penulis: Amanda Rizqyana
Editor: Amanda Rizqyana
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved