Virus Corona

Konsumsi Jambu Biji Merah Untuk Cegah Virus Corona, Dicampur Madu Agar Lebih Maksimal Manfaatnya

Untuk mencegah virus corona, dapat melakukan pencegahan dengan mengonsumsi jambu biji merah dicampur madu untuk mengikat protein sebagai antibodi.

Konsumsi Jambu Biji Merah Untuk Cegah Virus Corona, Dicampur Madu Agar Lebih Maksimal Manfaatnya
istimewa
jambu biji dicampur madu sebagai anti-virus corona

TRIBUNJATENGTRAVEL.COM-Mewabahnya Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) atau virus corona menyebabkan berbagai instansi berusaha menemukan obat yang cocok untuk mengatasi virus tersebut.

Beberapa peneliti saat ini telah berhasil menemukan kandidat alternatif bahan alam yang dapat digunakan untuk menanggulangi corona virus.

Menteri Riset dan Teknologi atau Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek/BRIN), Prof Bambang PS Brodjonegoro, melalui telekonferensi pers pada Kamis (26/3/2020) mengungkapkan, bahan alam yang berpotensi mampu menanggulangi virus corona adalah jambu biji merah.

“Dari berbagai bahan yang tentunya ada di dalam biodiversitas kita, sudah ada beberapa yang dikaji secara mendalam baik oleh beberapa perguruan tinggi dan juga oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Salah satunya adalah buah jambu biji yang merupakan salah satu bahan terbaik untuk dikonsumsi manusia dalam rangka meningkatkan daya tahan tubuh untuk menghadapi Covid-19 ini,” paparnya sesuai dengan rilis yang ditampilkan di portal resmi Institut Pertanian Bogor (IPB).

Selain berbicara mengenai memperkuat imunitas tubuh, Bambang juga menjelaskan tentang penanganan jangka pendek, menengah dan jangka panjang yang dilakukan oleh Kemristek/BRIN terhadap virus corona.

Ia menyebutkan, upaya jangka pendek yang telah dilakukan antara lain melakukan pengujian sampel virus corona, mengembangkan, dan melakukan kaji terap terhadap alat pelindung diri (APD) baik masker maupun pakaian, produksi handsanitizer yang nantinya akan disebarluaskan kepada pihak-pihak yang membutuhkan, serta mengembangkan disinfektan chamber yang dilengkapi dengan ozon yang dapat digunakan di tempat-tempat yang membutuhkan.

“Ke depan, kita mencoba untuk mengembangkan vaksin untuk Covid-19, tentunya kita tidak menutup pintu terhadap kerjasama dengan luar negeri yang sudah mulai mengembangkan vaksin tersebut. Yang paling penting adalah secepat mungkin dan seakurat mungkin kita segera membuat dan menemukan vaksin yang cocok untuk menangani Covid-19,” tambahnya.

Meski negara lain telah mendahului dalam pengembangan vaksin ini, Bambang menjelaskan bahwa Indonesia harus mempunyai kemampuan untuk produksi sendiri.

Untuk itu, Kemristek/BRIN telah siap untuk melakukan pengembangan tersebut dengan berkolaborasi bersama berbagai pihak.

Hal yang tidak kalah penting dalam upaya yang dilakukan saat ini adalah test kit yang digunakan untuk mendeteksi dini bagi masyarakat yang terinfeksi virus corona.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Amanda Rizqyana
Editor: Amanda Rizqyana
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved