Saran Bepergian

Pesan Sebelum Bepergian ke Luar Negeri Bagi Warga Negara Indonesia, Catat Poin-Poinnya

Berikut ini tip sebelum bepergian ke luar negeri bagi para Tribunners agar tidak panik atau bingung ketika berada di mancanegara dan menikmati liburan

Penulis: Amanda Rizqyana
Editor: Amanda Rizqyana
istimewa/Instagram @juwitanasr
Juwita Nasruddin pergi ke Turki bersama rombongan umrah plus. 

TRIBUNJATENGTRAVEL.COM-Berikut ini tip sebelum bepergian ke mancanegara atau luar negeri bagi para Warga Negara Indonesia (WNI) calon wisatawan atau Tribunners agar tidak mengalami kebingungan dan kepanikan.

Selain agar bisa menikmati liburan yang sedang dilakukan, juga tidak mengalami kegugupan ketika sedang berada di negara lain.

Berikut ini tip yang harus Tribunners perhatikan:

1. Lakukan Riset Tempat Tujuan
Tribunners dapat mengakses informasi wisata secara lengkap pada aplikasi ini untuk membantu mempersiapkan perjalanan luar negeri. Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia (Kemlu) memiliki saran yang berguna mengenai hukum setempat, persyaratan masuk dan keluar (keimigrasian), kesehatan, dan penilaian indikatif situasi keamanan di negara-negara tertentu.

2. Daftarkan Diri Sebelum Melakukan Perjalanan
Pastikan Tribunners mendaftarkan perjalanan beserta rincian kontak Tribunners secara dalam jaringan (daring) sebelum melakukan perjalanan untuk memudahkan pihak Kemlu menghubungi pada saat darurat, entah itu bencana alam, kerusuhan sipil atau masalah keluarga. Silahkan daftarkan diri melalui fitur Perjalanan pada aplikasi Safe Travel.

3. Lindungi Diri Dengan Asuransi Perjalanan
Mempersiapkan asuransi perjalanan merupakan bagian penting dalam persiapan perjalanan luar negeri. Jika Tribunners tidak memiliki asuransi, Tribunners maupun keluarga bertanggung jawab secara pribadi untuk segala bentuk biaya medis atau lainnya yang merupakan akibat dari insiden atau kecelakaan tak terduga.

Jika tidak mampu membeli asuransi perjalanan, akan lebih baik jika Tribunners tidak melakukan perjalanan. Tribunners harus memastikan asuransi perjalanan melindungi Tribunners selama perjalanan dan ketika berada di negara yang dikunjungi dengan segala kegiatan yang akan diakukan.

Asuransi harus mencakup biaya medis untuk cedera atau sakit, juga pencurian barang berharga, kerusakan bagasi dan pembatalan atau interupsi rencana penerbangan. Tribunners juga harus memastikan apakah asuransi melindungi untuk kondisi medis yang sudah ada dan kegiatan tambahan yang akandilakukan, seperti bermain ski atau menyewa sepeda motor.

4. Atur Paspor dan Visa
Paspor Tribunners merupakan dokumen perjalanan terpenting. Seluruh warga negara Indonesia harus memiliki paspor yang masih berlaku sebelum meninggalkan Indonesia dan memastikan paspor masih berlaku ketika berada di luar negeri. Semua anak-anak yang melakukan perjalanan ke luar negeri, termasuk bayi yang baru lahir, harus memiliki paspor sendiri.

Jaga paspor Tribunners setiap saat. Tribunners perlu mengetahui bahwa setiap negara memiliki persyaratan validitas paspor yang berbeda. Pastikan paspor Tribunners memiliki setidaknya enam bulan masa berlaku dari rencana tanggal kembali. Bawalah foto paspor tambahan untuk berjaga-jaga jika paspor Tribunners hilang atau dicuri dan Tribunners butuh untuk menggantinya ketika Tribunners pergi. Selain ketidaknyamanan dan waktu yang dibutuhkan untuk memproses penggantian paspor, terdapat biaya administrasi untuk mendapatkan paspor pengganti.

Informasi lebih lanjut mengenai paspor Indonesia dapat ditemukan di fitur Informasi Negara. Cari tahu lebih awal visa apa yang anda butuhkan dengan menghubungi Perwakilan RI yang relevan seperti Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) dan Konsulat Jenderal Republik Indonesai (KJRI) dari negara-negara yang akan Tribunners tuju. Beberapa negara memiliki persyaratan masuk dan keluar yang spesifik, termasuk vaksinasi yang wajib dilakukan. Ingat untuk selalu memeriksa kembali persyaratan visa negara yang mungkin akan Tribunners lalui ketika transit. Ingatlah:

a. Gunakan visa sesuai keperluan anda. Dengan visa wisatawan, Tribunners tidak diizinkan untuk bekerja atau melakukan aktivitas lain selain dalam cakupan wisata.

b. Ketentuan dan tanggal berakhir visa serta izin masuk harus benar-benar dipatuhi. Di banyak negara, tinggal melebihi masa berlaku visa dapat menyebabkan penangkapan dan denda.

c. Penipuan terkait visa merupakan hal yang sering terjadi. Periksa saran perjalanan dalam aplikasi Safe Travel, atau hubungi Kedutaan, Konsulat, atau Komisi Tinggi negara yang akan dikunjungi. Lihat keterangan lebih lanjut di Informasi Negara.

d. Kementerian Luar Negeri dan Perwakilan RI tidak dapat membantu Tribunners mengatur visa atau kerja serta izin tinggal untuk negara lain.

e. Jika Tribunners khawatir maskapai penerbangan mempertanyakan kondisi fisik untuk melakukan penerbangan, Kemlu menyarankan Tribunners untuk menyertakan surat dari dokter pribadi yang mengonfirmasi status kesehatan Tribunners dapat melakukan perjalanan udara.

f. Jika Tribunners memiliki cacat atau penyandang disabilitas, hubungi maskapai penerbangan untuk mencari tahu layanan seperti layanan antar-jemput, pengaturan tempat duduk dan makanan khusus.

g. Jika Tribunners perlu membawa jarum suntik untuk keperluan kesehatan, Tribunners memerlukan surat dari dokter Tribunners yang menjelaskan alasan mengapa perlu membawanya dan carilah saran terlebih dahulu dari maskapai penerbangan tentang bagaimana untuk mematuhi peraturan keamanan bandara dan perjalanan udara.

5. Rencanakan Akomodasi
Jika Tribunners melakukan perjalanan secara mandiri, sangat disarankan jika Tribunners memesan akomodasi sebelum kedatangan, terutama jika Tribunners tiba di tempat tujuan saat larut malam.

Melakukan riset mengenai bagaimana Tribunners akan bepergian dari bandara ke hotel juga akan berguna.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved