Saran Bepergian

Masuk Wilayah Uni Eropa Tidak Harus dari Negara Pengajuan Visa Schengen

WNI yang sudah memegang visa Schengen tidak diharuskan memasuki wilayah Schengen dari negara tempat pengajuan visa.

Masuk Wilayah Uni Eropa Tidak Harus dari Negara Pengajuan Visa Schengen
TRIBUNJATENGTRAVEL.COM/AMANDA RIZQYANA
Visa Schengen milik Arief Hadinata 

TRIBUNJATENGTRAVEL.COM-Warga Negara Indonesia (WNI) yang sudah memegang Visa Schengen tidak diharuskan memasuki wilayah Schengen dari negara tempat pengajuan visa.

Hal ini disampaikan oleh Wakil Delegasi Uni Eropa (UE) untuk Republik Indonesia (RI), Charles-Michel Geurts pada tanggal 27 November 2019 yang dikutip oleh Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia (Kemlu) dan disebarkan melalui aplikasi, portal, dan sosial media Safe Travel.

Pernyataan diplomat berkewarganegaraan Belgia tersebut sekaligus menjadi klarifikasi atas informasi salah yang berkembang di komunitas traveler tentang visa Schengen.

Sebelumnya, banyak anggapan yang mengatakan, pengunjung yang akan ke Eropa dengan Visa Schengen harus mendarat atau masuk dari negara atau kedutaan besar negara Eropa tempat dia mengajukan visa.

Meskipun tidak diharuskan masuk dari negara tempat pengajuan visa, namun Charles-Michel juga menjelaskan bahwa otoritas imigrasi negara UE memiliki hak untuk menanyakan hal-hal yang diperlukan apabila melihat kejanggalan tertentu.

Dalam hal ini, traveler diminta untuk tidak panik dan menjelaskan alasan memasuki UE dari negara tersebut.

Ikuti kami di
Penulis: Amanda Rizqyana
Editor: Amanda Rizqyana
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved