Info Perjalanan

Imbauan Kemlu Terkait Kebakaran Hutan di California Utara Amerika Serikat

Gubernur nyatakan Status Darurat Bahaya Kebakaran di California Utara, terjadi di kawasan Solano County hingga Central California Selasa (18/8/2020).

Penulis: Amanda Rizqyana
Editor: Amanda Rizqyana
istimewa/MARK RALSTON/AFP/Getty Images
Gubernur nyatakan Status Darurat Bahaya Kebakaran di California Utara, terjadi di kawasan Solano County hingga Central California Selasa (18/8/2020). 

TRIBUNJATENGTRAVEL.COM-Gubernur California telah menyatakan Status Darurat Bahaya Kebakaran untuk wilayah California pada Selasa (18/8/2020) waktu setempat.

Status Darurat ini dikeluarkan karena telah terjadi kebakaran hutan atau semak yang terjadi pada 3 hari terakhir.

Khusus untuk wilayah California Utara, kebakaran ini disebabkan oleh tinggi suhu udara (di atas 100 derajat Fahrenheit) dan juga akibat dari tingginya intensitas petir yg mencapai 11.000 petir dalam kurun waktu 72 jam.

Kebakaran di California Utara terjadi di kawasan Solano County (Vacaville), kawasan Pesisir Timur San Francisco (San Mateo County dan Santa Cruz County) dan Central California (Fresno County).

Dari awalnya terdapat 27 titik kebakaran dan pd Rabu 19 Agustus 2020 kebakaran telah meluas terjadi di 367 titik kebakaran.

Kawasan terburuk yang terkena dampak dari kebakaran ini adalah di kawasan Pesisir Timur San Francisco dimana di kawasan tersebut sudah dikeluarkan perintah evakuasi oleh California Department of Forestry and Fire Protection (Cal Fire).

Perintah evakuasi ini diperuntukkan untuk 22 ribu orang yang tinggal di dekat titik api.

Pemerintah California telah membuka beberapa sekolah untuk dijadikan tempat penampungan.

Otoritas setempat juga telah melakukan himbauan untuk evakuasi di daerah Vacaville.

Sehubungan dengan hal tersebut kami kami menghimbau bagi Anda yang sedang berada di wilayah California untuk tetap waspada dan terus mengikuti perkembangan informasi dan imbauan dari Otoritas setempat serta Perwakilan RI.

Apabila Anda berada dalam keadaan darurat anda dapat mengubungi hotline KJRI San Fransisco di nomor +1 (415) 875-0793 atau menekan tombol darurat pada aplikasi Safe Travel.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved