Wisata Solo

Menjelajah Bendungan Baru di Tengah Kota Solo, Bendungan Tirtonadi yang Dulunya Wilayah Kumu

Bendung Tirtonadi tempat wisata baru ada di tengah-tengah Kota Solo merupakan proyek wisata di Kali Pepe, Solo, yang terhubung dengan Boyolali.

Penulis: Amanda Rizqyana
Editor: Amanda Rizqyana
istimewa
Bendung Tirtonadi tempat wisata baru ada di tengah-tengah Kota Solo merupakan proyek wisata di Kali Pepe, Solo, yang terhubung dengan Boyolali. 

TRIBUNJATENGTRAVEL.COM-Tempat wisata baru ada di tengah-tengah Kota Solo. Tempat wisata itu bernama, Bendung Tirtonadi.

Bendung Tirtonadi merupakan proyek wisata di Kali Pepe, Solo, sebuah sungai yang terhubung dengan Boyolali.

Sempat menjadi tempat kumuh, saat ini kawasan Bendung Tirtonadi disulap sedemikian rupa menjadi tempat wisata yang viral di Kota Solo, saking banyaknya masyarakat untuk datang dan berswafoto.

Jalur pedestrian sebelah utara dan selatan sungai saat ini sudah dipercantik, membuat masyarakat betah berselfie ria di sepanjang tepian Kali Pepe tersebut.

Salah satunya dilakukan Dyah Shinta (26) Ia bersama temannya, Eka (26) berjalan-jalan di sekitaran jalur pedestrian Bendung Tirtonadi, Rabu (12/12/2018) siang. Udara yang mendung tak mengurungkan niat mereka untuk menjelajahi tempat tersebut.

"Suasananya enak, buat selfie bersama teman saya," katanya.

Shinta bersama temannya yang merupakan warga Solo ini mengaku kaget dengan Bendung Tirtonadi yang disulap menjadi kawasan wisata dan banyak spot selfienya. Padahal beberapa tahun lalu menurut Shinta tempat tersebut tak dilirik masyarakat, dan digunakan pedagang untuk berjualan saja.

"Ya kaget. Sekarang bagus sekali tempatnya, jadi sudah tidak seperti yang dulu," kata Shinta.

Mereka berdua pun betah berlama-lama berselfie ria di Bendung Tirtonadi Solo. Yang mereka tambah kagum adalah di lantai jalur pedestrian itu ada nama-nama tokoh pewayangan. Semisal Srikandi, Gatotkaca, Puntadewa, Arimbi, dan lain-lain.

"Ada nama Dewi Shinta juga, mirip nama saya," kata Shinta berkelakar.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved